Get Gifs at CodemySpace.com

Jumat, 13 Mei 2011

Bahaya Polusi Suara



Awas polusi suara !. Bagi anda yang tinggal di kota-kota besar mungkin tak asing lagi dengan suara kendaraan bermotor yang lalu lalang, suara orang yang berjualan, suara musik yang disetel tetangga keras-keras, suara ribut di pasar, suara mesin pabrik, konser music rock, sampai ruangan pesawat terbang di bandar udara.

Polusi suara adalah kebisingan yang mengganggu sehingga lambat laun akan mempengaruhi emosi dan kejiwaan manusia. Disinyalir polusi udara ini bahkan bisa menimbulkan penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi). Jika kondisi ini dialami manusia dalam jangka waktu yang panjang, berakibat hilangnya sensitivitas gendang telinga bahkan bisa tuli.




Manusia bisa mendengar frekuensi suara mulai dari 20-20 rb hertz, sementara manusia bisa mendengar suara desibel (tingkat kebisingan) dari 0 desibel (pelan sekali) hingga maksimal 140 desibel. Pada tingkat maksimum ini, bisa terjadi kerusakan pada gendang telinga. Karena itu disarankan yang bekerja di pabrik-pabrik dengan tingkat kebisingan yang tinggi untuk menggunakan penutup telinga. Juga untuk masyarakat kota, rajin-rajinlah berlibur ketempat kebisingannya rendah seperti di gunung, daerah pedesaan atau pantai.
Dibaca :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar